LKS PRAKTIKUM : MENGIDENTIFIKASI RASA DENGAN INDRA PENGECAP

Tujuan Praktikum : Memahami dan mengetahui bahwa lidah merupakan alat pengecap rasa serta membuat peta rasa

Alat dan bahan
  • ·         Larutan gula
  •        Larutan asam cuka
  •            Larutan daun papaya
  •        Larutan garam
  •        Kertas isap/tisu
  •        Cutton bud
  •        Sapu tangan


Cara kerja

  1. Masukan larutan gula, larutan asam cuka encer, larutan garam, dan larutan daun papaya masing-masing ke gelas 1,2,3, dan 4
  2. Tutuplah mata salah seorang teman kelompokmu dengan sapu tangan, setelah itu mintalah dia berkumur, kemudian menjulurkan lidahnya lalu mengeringkan lidahnya dengan kertas tisu.
  3. Celupkan cutton bud ke dalam larutan dalam gelas nomor 1 dan usapkan pada salah satu bagian permukaan lidah temanmumisalnya ujung lidah (A)
  4. Tanyakan kepada temanmu, apakah ia merasakan larutan tersebut? Waktu menjawab temanmu tidak perlu menjawab, temanmu tidak perlu bicara, cukup dengan mengangkat tangan kanan jika merasakan dan mengangkat tangan kiri jika tidak merasakan. Setelah itu buka kembali sapu tangan yang menutup matanya.
  5.  Ulangi langkah 3 dan 4 untuk bagian lidah lain, yaitu daerah tepi lidah (B) daerah tengah lidah (C) dan pangkal lidah (D).
  6.  Dengan mengunakan cutton bud berbeda, lakukan kembali langkah 3-4  terhadap temanmu yang lain dengan larutan yang berbeda-beda.
  7.  Catatlah hasil pengamatanmu ke dalam table dengan memberi tanda (+) jika dapat merasakan dan tanda (-) jika tidak dapat merasakan.

Table Hasil Pengamatan

Cairan No
Ujung Lidah
(A)
Ujung Lidah
(B)
Ujung Lidah
(C)
Ujung Lidah
(D)
1




2




3




4





Pertanyaan
1     1.   Berdasarkan hasil pengamatanmu. Sebutkan daerah lidah yang peka terhadap rasa (a) manis, (b) asam, (c) asin dan (d) pahit.

       2.    Apakah yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan ini?
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "LKS PRAKTIKUM : MENGIDENTIFIKASI RASA DENGAN INDRA PENGECAP"

Trending Post

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top